Jumat, 27 Juli 2012


Pramuka Muslim Berhasil Raih Nominasi Penghargaan Pemuda


LONDON (Berita SuaraMedia) – Seorang pria dari Luton yang membantu memimpin satu-satunya kelompok pramuka Muslim yang dimiliki county itu telah dinominasikan untuk meraih penghargaan Beds Police Young People of the Year.
Waqar Sheikh, 23, asisten pemimpin kelompok Pramuka Inggris dari Masyarakat Islam Beech Hill, dinominasikan untuk meraih hadiah utama sebesar 1.000 poundsterling dan tambahan 2.000 poundsterling untuk disumbangkan ke kaum muda lainnya.
Kelompok pramuka Sheikh memiliki anggota sebanyak 50 anak laki-laki dan perempuan dengan usia antara enam hingga 14 tahun. Kegiatan kepramukaan mereka dilakukan di sekolah Beech Hill di Dunstable Road.
Sheikh juga merupakan pemimpin bagian untuk kelompok usia 8 hingga 11 tahun, merencanakan berbagai pertemuan dan menyelesaikan tugas-tugas administratif.
Ia membawakan acara anak-anak di stasiun radio komunitas Radio Ramadhan dan telah ikut ambil bagian dalam berbagai kegiatan amal.
Selain kepolisian, departemen pemadam kebakaran Bedforshire dan Luton serta bandara Luton juga terlibat dalam menyelenggarakan acara pemberian penghargaan ini.
Kegiatan pramuka telah diakui oleh kaum Muslim sebagai sebuah gerakan yang hebat untuk menyatukan generasi muda di seluruh dunia di bawah prinsip-prinsip moral, patriotik, dan spiritual.
Dua puluh tujuh tahun yang lalu Muslim Amerika meluncurkan sebuah ide Komite Pramuka Islam. Berbagai pemimpin Islam dan kepala organisasi Islam menyambut baik ide untuk membentuk sebuah Komite Islam Nasional. Komite Ad Hoc pun dibentuk di bawah kepemimpinan Duta Besar  Youssouf Sylla, yang saat itu mewakili PBB dalam Organisasi Konferensi Islam (OKI). Tak lama setelah itu Boy Scouts of America juga memberikan persetujuannya atas Komite Islam.
Sebagai bagian dari rencana dan kelanjutan aktivitas mereka, beragam berkas dan brosur telah dibagikan untuk mengembangkan konsep nilai-nilai Islam dan komunitas Muslim. Mereka juga telah memberikan bantuan keuangan bagi dewan Boy Scouts of Amerika setempat dengan tujuan untuk menyebarkan pesan Islam.
Banyak anggota pramuka yang telah berpartisipasi dalam berbagai aktivitas kepramukaan dan kamp musim panas di bawah kepemimpinan Komite Islam di berbagai negara bagian, seperti New York, New Jersey, Illinois, California, Ohio, Baltimore, Washington D.C., Virginia, dan Michigan.
Michigan adalah rumah bagi penerima pertama Penghargaan Islam untuk Pramuka Muslim. Penghargaan ini dibuat oleh Federasi Asosiasi Islam di AS dan Kanada di bawah kepemimpinan Nehad Hamid dan wakilnya, Chuck Khalil Alawan.
Di tahun 1981 Dewan Islam Kepramukaan Amerika Utara secara resmi mengambil alih program tersebut dari Federasi dan sejak 1982 Komite Islam telah menjadi penerima penghargaan relijius untuk pramuka Muslim.
Ketika merayakan ulang tahunnya yang kelima di markas PBB, New York, Komite Islam memberikan penghargaan relijius kategori dewasa untuk pertama kalinya kepada Ben Love (Ketua Eksekutif Pramuka, Boy Scouts of Amerika), duta besar Engin Pansay (Perwakilan Permanen OKI), pemimpin Komite Islam, almarhum Imam W. Deen Mohammed, dan duta besar Youssouf Sylla yang menjadi inspirasi bagi pemberian penghargaan ini.
Sebagai bagian dari rencana dan kelanjutan aktivitasnya, pada tahun 1985 diumumkan pembentukan Komite Islam Nasional untuk Pramuka Perempuan dan kemudian menunjuk koordinator nasional untuk menentukan pemimpin Komite dan mendirikan Komite Nasional
Mereka juga membentuk sebuah Konferensi Islam Internasional dan sekretariat, yang mengkoordinir aktivitas serta tujuan pramuka Muslim di seluruh dunia. Selain itu dibentuk juga federasi di Jerman, Inggris, dan Perancis bagi generasi muda Muslim untuk berpartisipasi dalam kepramukaan Islam. (rin/lt/is) www.suaramedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar